SABLON MANUAL / RUBBER

09 September





Sablon karet istilah lain dari sablon tinta rubber, namun biasanya orang menyebutnya dengan sablon manual karena proses pengerjaannya masih menggunakan alat - alat sederhana yang bisa di bikin sendiri dengan adanya alat dan bahan disekitar kita dan harganya relatif terjangkau.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk sablon manual antara lain :
Screan kasa
Rakel (penggesut) 
Obat screan seperti potoxol, ulano atau merk lainnya
Dan tinta sablon

Screan kasa ini bervariasi frekuensi kerapatannya dan beda fungsi, semisal frekuensi T61 untuk gambar sablon gradasi yang bersifat lebih rapat karena kebutuhan raster(titik-titik) sablon pada media dan T45 untuk sablon blok karena frekuensinya relatif renggang. 

Kualitas dihasilkan dari sablon manual ini sangat bagus dan awet, namun juga perlu diketahui bahwa kualitas tinta yang dipakai sangat berpengaruh. Ada tinta yang mudah kering ada juga tinta yang tidak mudah kering. Tinta yang mudah kering ini sangat merepotkan pada saat penyablonan dibanyak media, karena jika dipakai dalam keadaan suhu ruang relatif panas mudah sekali terjadi penyumbatan pada screan film sablon dan memaksa kita bekerja 2x dalam pembuatan film untuk sablon. 

Ditempat kita sablon jenis ini bisa kami terima dengan syarat minimal 1lusin baju dengan desain sama. Karena jika hanya membuat 1 baju dengan teknik ini membutuhkan waktu lebih dari 30menit diluar desain yang biasanya pelanggan minta yang aneh - aneh yang sangat membutuhkan waktu jauh lebih lama daripada pengerjaannya.

Bisa saja kami terima 1 kaos dengan teknik sablon ini namun biaya jasa sablon 1 kaos bisa sampai 300rb. Tetapi jika 1 lusin (12pcs) bahan yang di sablon biaya menjadi 10rb - 50rb tergantung tingkat kerumitan desain sablon dan banyaknya warna dalam desain tersebut. 

You Might Also Like

0 comments